Tak Bertenaga, Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah Rp14.360 USD : Okezone Economy



JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah hari ini, Selasa (29/3/2022) ditutup melemah 10 poin di level Rp14.370 menyusul penutupan sebelumnya yang juga ditutup melemah di Rp14.360.

Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.360 – Rp14.390.

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi berucap, dolar melemah terhadap mata uang lainnya dikarenakan adanya harapan bahwa pembicaraan damai yang akan dimulai Selasa malam di Turki dapat mengakhiri perang Ukraina/Rusia, yang sekarang memasuki bulan kedua.

 BACA JUGA:Rupiah Hari Ini Ditutup Menguat ke Rp14.346/USD Ditopang Melonjaknya Harga Komoditas

“Ukraina dan Rusia akan melanjutkan pembicaraan damai tatap muka di Istanbul, Turki, di kemudian hari. Ukraina berucap bahwa tujuan utamanya pada pembicaraan itu adalah untuk mengamankan gencatan senjata untuk pertempuran yang dipicu oleh invasi Rusia pada 24 Februari, meskipun AS juga skeptis terhadap terobosan,” jelas Ibrahim dalam risetnya, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, Bank sentral Jepang membeli sedikit lebih dari USD500 juta dalam bentuk obligasi pada hari Senin dan USD2 miliar pada awal Selasa, setelah berjanji untuk melakukan pembelian tak terbatas di pasar hingga Kamis untuk mempertahankan target imbal hasil 10-tahun sebesar 0,25%.


Hal ini sangat kontras dengan sebagian besar bank sentral di seluruh dunia, termasuk Federal Reserve AS, yang menaikkan suku bunga, mendorong imbal hasil masing-masing lebih tinggi.

Pusat keuangan Shanghai juga melaporkan rekor 4.381 kasus Covid-19 tanpa gejala dan 96 kasus bergejala untuk 28 Maret, menurut akun resmi WeChat pemerintah kota. Kota ini juga tetap berada di bawah penguncian dua tahap, sembilan hari.

 BACA JUGA:Anies Sudah Gelontorkan Ratusan Miliar Rupiah untuk Rumah Ibadah di Jakarta

Dari sentimen domestik, pasar terus memantau data ekonomi Indonesia yang positif, setelah pemerintah melalui menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pendapatan negara per Februari 2022 naik 37,7 persen (YoY) yaitu dari Rp.219,6 triliun pada Februari tahun lalu menjadi Rp.302,4 triliun.

Realisasi pendapatan negara meliputi penerimaan perpajakan Rp256,2 triliun yang meningkat 40,9 persen dari Rp181,8 triliun pada Februari 2021 serta PNBP Rp46,2 triliun.

economy.okezone.com Adalah Provider Penyedia Berita ini dengan Sumber Link Berita Asli

Semua Copyright dari Berita dimiliki oleh economy.okezone.com & Untuk Request penghapusan berita & sumber dapat melalui admin@obligasi.com