Kontribusi BUMN di Pasar Modal 24% dari Total Market Cap BEI Rp8.700 Triliun : Okezone Economy



JAKARTA – Kontribusi BUMN di pasar modal Indonesia cukup besar. Meskipun saat ini jumlah perusahaan BUMN yang melantai di pasar modal masih sedikit dari jumlah BUMN potensial go public.

Tercatat 24% kapitalisasi pasar modal Indonesia berasal dari BUMN. Artinya, keberadaan BUMN yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki peran penting dalam mendorong kinerja pasar modal.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mencatat terdapat 23 BUMN yang melantai dan mendorong BUMN tersebut menjadi contoh teladan penerapan tata kelola dan kepatuhan di pasar modal.

“Saat ini BUMN terdapat 23 perusahaan di pasar modal, 3 BUMN melakukan penawaran umum, 9 BUMN terbitkan utang dan sukuk, serta 11 BUMN yang catatkan saham dan efek, utang dan sukuk,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Dia mengharapkan, keberadaan BUMN di pasar modal juga dapat memperkuat finansial perusahaan dan tingkatkan daya saing BUMN. Secara agregat, lanjutnya, perusahaan BUMN dapat memperkuat stabilitas ekonomi nasional mengingat fungsinya sebagai penyangga ekonomi.


Berdasarkan data OJK, BUMN dan anak usahanya itu hanya setara 4,2% dari total perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Namun, kontribusi kapitalisasi pasar yang mencapai Rp8.700 triliun, BUMN dan anak usahanya menyumbang mencapai Rp2.000 triliun atau 24% dari total kapitalisasi pasar. Adapun, dalam Indeks LQ45, kapitalisasi BUMN mencapai 45,5%.

Pada obligasi dan sukuk, outstanding Rp440 triliun, BUMN dan anak usahanya berkontribusi Rp229 triliun atau mencapai 52,1%.

economy.okezone.com Adalah Provider Penyedia Berita ini dengan Sumber Link Berita Asli

Semua Copyright dari Berita dimiliki oleh economy.okezone.com & Untuk Request penghapusan berita & sumber dapat melalui admin@obligasi.com