Honduras Sahkan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran



Jakarta, CNN Indonesia

Honduras Prospera, zona ekonomi khusus di pulau wisata Pantai Karibia, Honduras, mengesahkan bitcoin dan kripto lainnya sebagai mata uang digital alat pembayaran yang sah.

Honduras Prospera yang dibentuk pada tahun 2020 itu didirikan untuk membantu mendorong investasi. Wilayah itu memiliki otonomi administrasi, fiskal, dan anggarannya sendiri.

“Kerangka regulasi fleksibel Prospera memungkinkan inovasi kripto dan penggunaan bitcoin oleh penduduk, bisnis, dan pemerintah setempat,” terang pejabat Honduras Prospera, dilansir Antara, Jumat (8/4).

Zona ekonomi itu juga akan membiarkan kota, pemerintah daerah, dan perusahaan internasional yang ada di wilayahnya untuk menerbitkan obligasi bitcoin dari yurisdiksi daerah tersebut.

Honduras Prospera meliputi bagian pulau Roatan, serta kota La Ceiba di Pantai Atlantik Honduras.

Negara tetangganya adalah El Salvador yang sudah lebih dulu mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran pada September 2021 lalu.

Meskipun Honduras Prospera mengadopsi bitcoin, namun bank sentral negara itu berucap tidak akan menjamin transaksi mata uang kripto.

“Setiap transaksi yang dilakukan dengan jenis aset virtual ini berada di bawah tanggung jawab dan risiko orang yang melakukannya,” tulis bank sentral Honduras.

[Gambas:Video CNN]

(bir)


www.cnnindonesia.com Adalah Provider Penyedia Berita ini dengan Sumber Link Berita Asli

Semua Copyright dari Berita dimiliki oleh www.cnnindonesia.com & Untuk Request penghapusan berita & sumber dapat melalui admin@obligasi.com