Berencana Investasi Jangka Pendek? Ketahui Dulu Tips dan 4 Rekomendasi Produknya Bagi Pemula



loading…

Kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi seiring berjalannya waktu terus bertambah dan meluas. (Doc Sindonews.com)

JAKARTA – Kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi seiring berjalannya waktu terus bertambah dan meluas. Hal ini dikarenakan tak sedikit pihak yang menyuarakan tentang cara, manfaat, dan platform berinvestasi dengan mudah dan praktis melalui media sosial sehingga mampu dijangkau oleh masyarakat dari hampir semua kalangan.

Tergantung dari tujuan keuangan yang ingin diraih, investasi bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tentunya, investasi jangka pendek dan jangka panjang memiliki strategi dan pilihan jenis instrumen yang berbeda agar mampu memberikan potensi keuntungan yang optimal.

Nah, agar tidak sampai salah langkah, simak tips investasi jangka pendek dan 4 rekomendasi produknya bagi pemula berikut ini.

Tips Berinvestasi Jangka Pendek
Fokus utama pada saat melakukan investasi jangka pendek adalah mengupayakan keuntungan besar, tapi risiko kerugiannya terbilang kecil dan cenderung mampu diatasi. Berikut adalah tips berinvestasi jangka pendek dengan aman.

Ketahui Tujuan Investasi
Baik investasi jangka pendek maupun jangka panjang harus dilakukan dengan target atau tujuan finansial yang jelas. Misalnya, investasi jangka pendek dilakukan untuk membeli gadget baru atau mengumpulkan dana liburan di akhir tahun.

Dengan mengetahui tujuan investasi, Anda akan lebih mudah dalam menentukan produk investasi yang nantinya akan dipilih. Strategi menanam modal dan jumlahnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan tujuan tersebut.

Tentukan Jangka Waktunya
Setelah menentukan tujuan investasi, Anda juga akan mengetahui jangka waktu berinvestasi. Apabila ingin diraih dalam waktu dekat, misalnya di bawah satu tahun, maka usahakan untuk memiliki instrumen investasi berisiko rendah, seperti, reksa dana pendapatan tetap, deposito, dan sebagainya.

Namun, jika durasi investasi berada di kisaran satu sampai tiga tahun, tidak ada salahnya untuk memilih produk investasi dengan risiko sedang. Beberapa contohnya adalah ORI, obligasi, maupun reksa dana campuran.

Pahami Risiko yang Mungkin Terjadi
Berinvestasi sudah sepatutnya dilakukan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan, khususnya terkait kondisi keuangan dan jumlah dana yang bisa disisihkan secara rutin. Pastikan untuk memenuhi seluruh pos keuangan primer terlebih dulu sebelum berinvestasi, seperti, kebutuhan sehari-hari, tagihan bulanan, cicilan kredit, termasuk asuransi. Barulah dana yang tersisa dapat dialokasikan untuk berinvestasi dan mencapai target finansial yang telah ditentukan.

ekbis.sindonews.com Adalah Provider Penyedia Berita ini dengan Sumber Link Berita Asli

Semua Copyright dari Berita dimiliki oleh ekbis.sindonews.com & Untuk Request penghapusan berita & sumber dapat melalui admin@obligasi.com